Minggu, 27 September 2015 - Pelaksanaan Workshop "Computational Thinking" oleh GEG Nias (Google Educator Group) Nias. Ini merupakan pertemuan perdana dalam sosialisasi GEG yang membahas tentang berpikir komputasi yang berfokus pada dunia pendidikan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunungsitoli.
Program non profit dari Google ini ditujukan agar kelompok pendidik di Nias dapat memanfaatkan aplikasi Google dalam kegiatan akademik di kampusnya. Aplikasi Google yang diajarkan sama dengan yang diajarkan kepada santri / siswa / mahasiswa anggota KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi). Oleh karenanya program ini dikelola oleh Relawan Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK) Nias. Dalam pelaksanaannya, GEG Leader dibantu oleh GEG Co-Leader yang dijabat oleh beberapa pembina KPMI dan Anggota Relawan TIK. Program GEG di Nias dijalankan di dalam atau bersama program KPMI Leader GEG Nias - Efriaman Harefa, mengintegrasikan kegiatan ini dalam kegiatan RTIK-Nias karena memiliki misi yang searah dan mempunyai peran dalam pengembangan sumber daya masyarakat TIK yang menitik beratkan bagi para pendidik/educator.
Google Grup Pendidik (Google Educator Group - GEG) merupakan komunitas pendidik yang saling belajar, berbagi, dan menginspirasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan siswa melalui solusi teknologi, baik di dalam maupun di luar kelas. Google meyakini bahwa inspirasi terbaik bagi pengajar adalah pengajar lainnya. Dengan alasan inilah Google membantu memulai sebuah komunitas pengajar berdedikasi, yang menghadirkan manfaat teknologi ke sekolah, kelas, dan masyarakat di seluruh dunia. GEG memberikan platform bagi pengajar untuk berkolaborasi dengan satu sama lain, memungkinkan mereka mengambil ide kreatif baru dari satu sama lain, dan saling membantu dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan siswa menggunakan solusi Google. Aktivitas GEG berlangsung secara online dan offline. GEG online memberi ruang bagi pengajar untuk berdiskusi bersama dan mempelajari satu sama lain melalui Google+; GEG offline mengadakan acara dan lokakarya secara lokal, sebagai sarana untuk belajar dan berbagi secara langsung.
Kegiatan perdana diawali dengan pembukaan oleh Leader GEG Nias, Efriaman Harefa sekaligus memperkenalkan apa itu GEG Nias. Kemudian disusul oleh penyampaian materi "Computational Thinking" oleh Bapak Sun Theo C.L Ndruru. Para peserta yang mayoritas adalah guru/pendidik sangat menyambut hangat kegiatan ini karena sangat membantu dalam pengembangan profesionalitas dalam mengajar. Dengan dibantu oleh para anggota RTIK Nias, para guru tak mengenal kata ragu atau enggan untuk ikut dalam kegiatan ini. Dengan satu tujuan yaitu siap menjawab dan menghadapi tantangan masa depan oleh para siswa, maka para pendidik merasa perlu ambil bagian dalam sosialisasi oleh GEG nias ini.
Topik perdana dalam pertemuan ini yaitu mengenai "Computational Thinking". Apa itu computational thinking? "Computational Thinking is a fundamental skill for everyone, not just for computer scientists. To reading, writing, and arithmetic, we should add computational thinking to every child's analytical ability." Jeannette Wing, "Computational Thinking," CACM Viewpoint, March 2006.



Dari pernyataan di atas dapat diartikan bahwa Berpikir Komputasi merupakan suatu keterampilan dasar yang harus dimiliki seseorang saat ini. Khususnya bagi kita para Pendidik karena saat ini kita memiliki tantangan yang cukup berat untuk mempersiapkan Peserta didik menghadapi Dunia yang tidak kasat mata (Era Digitalisasi). Salam RTIK-Nias. Ya'ahowu!

Leave a Reply