OpenBTS (Open Source Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis software open source, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular. OpenBTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard industri GSM [Wiki].


Pada kesempatan kali ini, Raihan Teknologi bekerja sama dengan Surya University (Jurusan Ilmu Komputer) akan mengadakan RoadShow "Free Training OpenBTS" kepada Guru-guru SMK Produktif yang ada di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias. Kegiatan ini juga didukung oleh Relawan TIK Gunungsitoli dan Google Educator Group Nias (GEG Nias).

Pelatihan OpenBTS ini akan diadakan pada tanggal 3-4 Desember 2015 bertempat di SMK Negeri 3 Gunungsitoli. Selain Workshop OpenBTS juga diadakan Workshop VOIP pada tanggal 2 Desember ditempat yang sama. Semoga dengan kegiatan ini akan membawa suasana baru buat Guru-guru kita di Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli yang lebih baik dan terus berkarya memberikan solusi teknologi untuk pendidikan.




 





Categories: , , ,

Leave a Reply