Gunungsitoli, 29 Januari 2016. GEG Nias adalah Google Grup Pendidik (Google Educator Group – GEG) merupakan komunitas pendidik yang saling belajar, berbagi, dan menginspirasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan siswa melalui solusi teknologi, baik di dalam maupun di luar kelas. Belajar. Berbagi, Menginspirasi, Memberdayakan. Empat kata ini mewakili esensi GEG. Pendidik akan membangun hubungan dengan pendidik lainnya dan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam pemanfaatan teknologi terbuka, guna memberikan pendidikan terbaik kepada siswa.

Foto Bersama Google Educator Group Nias
Google Educators Group (GEG) Nias kembali mengadakan kegiatan pelatihan GEG Nias Teachers Workshop untuk Guru-guru di Kepulauan Nias. Topik pelatihan ini : Basic Google Apps for Education, tujuan pelatihan: agar peserta dapat: 1) Memahami apa itu Google Apps for Education, 2) Memanfaatkan Google Apps for Education dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

GEG Nias Teachers Workshop berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 29-30 Januari 2016 di SD Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli dan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 13 sekolah (SD/SMP/SMA/SMK) di Kepuauan Nias. Acara pelatihan ini dibuka oleh Ibu Renate Maruhawa, S.Pd (Wakil Kepala Sekolah Ur. Kurikulum SMA Negeri 1 Gunungsitoli) didampingi oleh Co-Leader GEG Nias Bapak Sun Theo Constan Lotebulo Ndruru, M.Si dan Ibu Kurnia Apriyani Gulo, S.Pd.

Ibu Renate Maruhawa, S.Pd (Wakil Kepala Sekoalah Ur. Kurikulum SMA Negeri 1 Gunungsitoli)
Pada hari pertama, peserta dijelaskan tentang Google Apps for Education dan bagaimana peran Google untuk Pendidikan, serta dilatih dalam memanajemen Account untuk menerapkan Google Apps for Education disekolah masing-masing dan menyusun strategi perubahan untuk Gone Google. Untuk hari kedua, peserta dilatih memanfaatkan Google Apps for Education dan bagaimana bekerja diawan, diantaranya Google Drive, Google Docs, Google Slides, Google Sheets, Google Forms, Google Sites serta Google Classroom. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.


Diakhir pelatihan peserta penyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan berlangsung yang diwakili oleh Bapak Pengalaman Hati Harefa, S.Pd (Guru SMA Swasta Fajar Mas Lahusa), baginya ini merupakan pengalaman baru untuk memenuhi kebutuhan siswa melalui solusi teknologi dan berharap ini akan tetap berlanjut. selaian itu, juga Tim GEG Nias memberikan cendera mata buat peserta.


Kegiatan pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Bapak Bualaatulo Zebua, S.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Gido), beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus buat guru-guru untuk menjawab tantangan diera 21 dan Google Apps for Education sangat baik untuk diterapkan disekolah-sekolah. 

Bapak Bualaatulo Zebua, S.Pd (Kepala SMA Negeri 1 Gido)
Pelatihan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa buat guru SD/SMP/SMA/SMK, karena didukung oleh Google dan seluruh anggota komunitas GEG Nias. GEG Teachers Workshop ini dilaksanakan secara gratis untuk pengembangan kompetensi guru-guru di Kepulauan Nias. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Komunitas Google Educator Group Nias.

Kegiatan GEG Nias diawal tahun 2016 berjalan lancar dan sukses, semoga kegiatan ini bermanfaat buat pendidikan dan menjadi lebih baik dan terbaik.


#thankstoGoogle #gegnias  #GAfE  #gegindonesia  #nias  


Foto Dokumen Hari ke-1 GEG Nias Teacher Workshop

Foto Dokumen Hari ke-1 GEG Nias Teacher Workshop

2 Responses so far.

Leave a Reply